Apa Itu Hidroponik…. ?

0
273

Hidroponik merupakan teknologi bercocok tanam yang menggunakan air, nutrisi, dan oksigen. Perbedaan yang paling menonjol antara hidroponik dan budidaya konvensional adalah pada penyediaan nutrisi tanaman, dimana pada budidaya pertanian konvensional diperlukan asupan unsur hara yang cukup banyak dengan areal lahan cukup luas. Sementara hidroponik cukup hanya dengan menggunakan pipa paralon yang bisa disusun secara vertical sehingga tidak memerlukan lahan yang luas dengan asupan nutrisi cukup dilarutkan kedalam air dan cukup hanya dengan menggunakan pompa air kecil yang biasa digunakan untuk aquarium, maka secara otomatis nutrisi yang dilarutkan dalam air akan terus mengalir, dan kita tidak perlu repot repot untuk menyiram, hanya cukup menambahkan nutrisi seminggu sekali jika diperlukan.

Hidroponik ini biasa digunakan untuk menanam sayur daun dan buah, seperti paprika, timun, tomat, dan sayuran hijau. Dengan bertanam secara hidroponik ini, siapapun bisa menikmati sayuran yang segar dan sehat yang bisa dipetik sendiri kapanpun, selain itu juga bisa menghemat waktu dan uang belanja sayuran.

Saat ini bertanam secara hidroponik telah menjadi tren dengan memanfaatkan media air sebagai pengganti tanah, yang sangat mudah dan praktis untuk diterapkan, hal ini bisa jadi solusi bagi yang suka berkebun tapi mempunyai kesibukan padat dan tidak mempunyai cukup waktu untuk mengurus tanaman, sementara lahan pekarangannya juga terbatas.

Bertanam hidroponik tidak hanya bisa dijadikan hobi pengisi waktu luang saja, bahkan bisa dijadikan peluang bisnis yang cukup menjanjikan, jika dikelola secara serius.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon tulis komentar anda
Mohon tulis nama anda disini